Dalam rangka percepatan pengembangan dan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di Institut Teknologi Sumatera dengan arah pengembangan khususnya wilayah Sumatera dan sekitarnya. Perencanaan strategis dan pembuatan program kerja fungsi dan tugas ITERA pastinya akan mempertimbangkan kebutuhan peningkatan SDM dan perekonomian khususnya Sumatera dan sekitarnya seperti yang diatur dalam Peraturan Presiden RI Nomor 124 Tahun 2014 tentang Pendirian Institut Teknologi Sumatera, dan Peraturan Presiden RI Nomor 13 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Pulau Sumatera.

Berdasarkan Masterplan percepatan pembangunan kampus ITERA 2017-2027 tentang “Peran ITERA dalam Konstelasi Pengembangan Sumatera” bahwa Sumatera memiliki berbagai potensi dan tantangan serta isu strategis yang perlu diperhatikan dalam pengembangannya. Berdasarkan potensi dan isu strategis kebutuhan Pulau Sumatera dalam pengembangan sumber daya, ITERA memiliki peran dalam menyediakan sumber daya manusia kompeten melalui pendirian dan pengembangan program studi dengan mewujudkan kemandirian ekonomi dan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik dan sektor unggulan yaitu pangan, energi, kemaritiman, industri, dan kepariwisataan.

Adapun pengembangan Program Studi yang dilakukan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang ada adalah sebagai berikut:

  1. SDM bidang pengolahan hasil pertanian, perkebunan, perikanan (hulu dan hilir), Teknologi Hasil Pangan, Rekayasa Pangan, dan Rekayasa Pertanian;
  2. SDM bidang tambang dan energi terbarukan: Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, dan Teknologi Sistem Energi;
  3. SDM bidang teknologi pengelolaan kehutanan dan lingkungan: Teknik Lingkungan dan Kehutanan;
  4. SDM bidang teknologi perkapalan, pengelolaan ruang maritim: Teknik Perkapalan, dan Teknik Kemaritiman (Pengelolaan Kawasan Pesisir);
  5. SDM bidang teknologi transportasi darat, laut, dan udara yang ramah lingkungan;
  6. SDM bidang seni dan desain: Desain Kriya dan DKV.

Mengacu kepada rapat pimpinan ITERA pada hari Rabu, tanggal 15 Januari 2020 Pukul: 15:00, bertempat di ruang rapat besar ITERA sesuai risalah rapat nomor T/125/IT9.SN/TP.01.01/2020 menerangkan tentang pemecahan Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menjadi 3 jurusan, yang mana salah satu jurusan yang merupakan pemekaran dari JTPI yaitu Jurusan Teknik Elektro, Informatika, dan Sistem Fisis (JTEIF) yang meliputi program studi:

  1. Teknik Elektro;
  2. Teknik Informatika;
  3. Teknik Telekomunikasi;
  4. Teknik Fisika;
  5. Teknik Biomedis;
  6. Teknik Sistem Energi;
  7. Teknik Instrumentasi dan Kontrol*;
  8. Teknik Mekatronika dan Robotika*.

*Dalam Proses Pembentukan Prodi

Berdasarkan terbitnya surat keputusan Rektor ITERA tentang peleburan Jurusan Teknologi Produksi dan Industri (JTPI) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menjadi 3 (tiga) Jurusan, yaitu:

  1. Jurusan Teknik Proses dan Hayati;
  2. Jurusan Teknik Elektro, Informatika, dan Sistem Fisis;
  3. Jurusan Teknik Manufaktur dan Kebumian.

Maka semua kegiatan penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Jurusan Teknologi Produksi dan Industri ditiadakan untuk diaktifkan kembali ke Jurusan Baru (pernyataan diatas) sesuai dengan disiplin ilmu. Selain itu penyelenggaraan kegiatan Operasional Tata Kerja JTPI ITERA semua akan dilimpahkan ke Jurusan Baru.